FAQ

Siapakah BLCI Language Center itu?

BLCI Language Center merupakan tempat kursus Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang yang berlokasi di pusat kota Bandung. BLCI Language Center berdiri sejak tahun 2000, dan berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Gerdy Karya Pratama. Pertama kali berdiri di Jl. Sulanjana No. 15 Bandung, kemudian terhitung tanggal 28 Maret 2005, BLCI Language Center menempati gedung baru di Jl. Tamansari No. 56 Bandung hingga sekarang.

BLCI Language Center hadir untuk menawarkan solusi dalam kebutuhan penguasaan bahasa asing dengan berbagai pilihan program, mulai dari program pemula hingga ujian resmi bertaraf internasional.

Saat ini, BLCI Language Center telah resmi menjadi salah satu AUTHORIZED TEST CENTER untuk penyelenggaraan tes TOEFL ITP dan TOEIC PBT.

 

 

Dimanakah lokasi BLCI Language Center itu?

Jalan Tamansari No 56 Bandung 40116.

Sekitar 200 meter dari Balubur Town Square (Baltos).

Telp (022) 4232490, 4238738.

 

 

Setiap hari dan jam berapakah BLCI Language Center beroperasi?

Senin s.d Jumat. Pukul 8:00 pagi s.d 8:30 malam.

Sabtu. Pukul 8:00 pagi s.d 11:00 siang.

 

 

Program apa sajakah yang dimiliki oleh BLCI Language Center?

Program Bahasa Inggris:

–  English Conversation Classes

–  Private Classes

–  TOEFL ITP Preparation

–  IELTS Preparation

–  TOEIC Preparation

–  Business English

–  In-Company Training

–  English Academic Writting

–  Free Style

Program Bahasa Jepang:

–  Japanese Regular Classes

–  Study in Japan

–  Nouryokushiken Preparation

 

 

Apakah BLCI Language Center menyelenggarakan test TOEFL ITP?

Iya, BLCI Language Center menyelenggarakan test TOEFL ITP:

–  Biaya test: Rp 450.000,- (Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

–  Durasi test: 2 jam (Mulai pukul 08.30 s/d 10.30).

–  Materi test terdiri dari: Listening Comprehension, Structure serta Reading Comprehension.

–  Hasil test: 10 hari kerja.

 

 

Apakah TOEFL itu?

TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris dengan logat Amerika. Ujian ini diselengarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh di dunia. Pada umumnya tes TOEFL diminta oleh universitas di Amerika Serikat dan Kanada.

Tes TOEFL terdiri dari dua tipe, yaitu TOEFL ITP dan TOEFL iBT. TOEFL ITP (Instituional Testing Program) biasanya digunakan untuk wilayah Asia, dengan skornya yang bersifat institusional, berarti hanya digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu dan tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia. Pada umumnya, tes TOEFL yang digunakan adalah tes TOEFL iBT (Internet Based Test) dimana kalian akan diminta untuk merekam semua jawaban Anda di komputer yang telah terhubung langsung dengan internet. Jawaban Anda akan dikirim langsung ke ETS.

Tes TOEFL ITP terbagi menjadi tiga sesi ujian, yaitu Listening, Structure and Written Expression dan Reading Comprehension. Nilai total maksimal pada TOEFL ITP adalah 500 atau 550 bahkan 600. Untuk TOEFL iBT meliputi Reading, Listening, Speaking dan Writing. Nilai tes TOEFL iBT yang terbaru memiliki nilai maksimum 120, dengan rata-rata nilai yang diminta adalah 80 atau 90. Tes TOEFL berlangsung selama hampir 4 jam.

 

 

Apakah IELTS itu?

Pada umumnya tes IELTS diteima oleh institusi di negara Australia, Inggris dan Selandia Baru. IELTS adalah uji coba kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. Pada tes IELTS, bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris Britania atau British.

Para peserta tes IELTS boleh memilih Modul Akademik (bagi yang ingin mendaftar di universitas dan pendidikan tinggi lainnya) atau Modul Pelatihan Umum (bagi yang berencana mengikuti pelatihan non akademik, untuk memperoleh pengalaman kerja atau untuk tujuan keimigrasian. Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang kemudian akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9.

Berbeda halnya dengan tes TOEFL, tes IELTS semua jawaban akan ditulis tangan. Terdapat empat bagian, yaitu Speaking, Writing, Listening dan Reading. Pada speaking section, peserta tes akan diminta untuk berbicara dengan seorang penilai secara langsung dengan durasi 12-14 menit. Peserta akan ditanya beberapa pertanyaan tentang dirinya sendiri dan sebuah topik. Tes IELTS berdurasi lebih lama dibandingkan TOEFL yaitu dapat mencapai 2 jam 45 menit.